Anjing bertestis satu atau istilah kedokterannya Cryptorchidism jika dibiarkan ternyata bisa berakibat buruk untuk kesehatannya. Cryptorchidism adalah suatu kondisi di mana salah satu testis anjing gagal untuk turun ke skrotum (kulit pembungkusnya). Terkadang bukan hanya satu testis saja yang gagal muncul tapi bisa juga keduanya & hal ini biasanya terjadi karena faktor genetik.

anjing single testis

Testis single

Anjing bertestis satu masih memiliki sperma yang subur & dapat membuahi betina. Anjing jantan yang terlihat tidak memiliki testis sama sekali (testis tersembunyi jauh di dalam perut), biasanya tidak dapat memproduksi sperma tapi masih tetap memproduksi hormon testosterone jadi masih memiliki karakter layaknya anjing jantan normal atau keinginan untuk kawin dengan anjing betina ,kecuali jika letak testis yang tersembunyi dekat skrotum maka anjing tetap subur.

Anjing Bertestis Satu Masih Bisa Kawin

Foto : k9magazine.com

Walaupun ada kemungkinan anjing bertestis satu atau Cryptorchid masih bisa membuahi & menghasilkan keturunan, namun alangkah lebih baiknya jika mereka disteril atau dikebiri karena mereka memiliki gen cacat dan bisa diturunkan ke generasi berikutnya.

Anjing Bertestis Satu & Resiko Kesehatannya

Anjing cryptorchyd memiliki resiko yang sangat tinggi terkena tumor testis. Salah satu sel yang terletak di dalam testis adalah sel Sertoli yang berfungsi untuk memberi nutrisi pada sperma. Namun ternyata selain sel ini baik untuk sperma tapi berfungsi juga untuk memproduksi hormon estrogen atau hormon yang penting untuk perkembangan seksual dan reproduksi pada betina. Jadi jika sel ini terganggu maka anjing jantan pun bisa berubah layaknya betina seperti tertarik kepada sesama jantan lainnya & payudaranya ikut membesar.

Bahaya dari kelebihan hormon estrogen lainnya yang lebih fatal adalah kerusakan sel-sel sumsum tulang belakang, namun biasanya kondisi ini akan membaik setelah 2-3 minggu operasi pengangkatan tumor dilakukan.

tumor testis 1

Tumor testis pada anjing. Foto : drssairvet.blogspot.com

Beberapa gejala klinis anjing bertestis satu yang terkena tumor :
• Pembengkakan pada testis
• Mandul
• Bulu rontok di kedua sisi tubuh
• Hiperpigmentasi (warna kulit menggelap)
• Terlihat peradangan / garis memerah di sepanjang batang penis
• Payudara membesar
• Anemia
• Perubahan perilaku seperti jongkok jika buang air kecil, gairah sex berkurang dan tertarik dengan jantan lain

Ciri Tumor Testis Garis Merah Melintang

Radang dengan ciri garis merah melintang di sepanjang batang penis

Walaupun menurut penelitian hanya sekitar 10% – 20% saja tumor testis dapat menjadi ganas & bermetastasis atau menyebar ke bagian tubuh yang lainnya namun tetap saja kondisi ini harus dog owner waspadai.

Dokter biasanya akan melakukan pembedahan untuk mengangkat sel tumor namun jika sudah bermestastasis maka prosedur itu tidak cukup & biasanya harus dibarengi dengan kemoterapi.

*Disarikan dari berbagai sumber