Ternyata masih banyak para dog owners yang belum mengetahui bahaya menutup mulut anjing dengan berangus lho. Ayo, siapa diantara dog owners yang biasa menutup mulut anjingnya dengan berangus untuk membuatnya diam karena terus menggonggong? Atau sering membawa anjingnya jalan-jalan dengan mulut terberangus dalam waktu yang lama?

Mulai dari sekarang jangan lakukan itu ya karena sangat berbahaya untuk anjing kesayangannya. Anjing yang diberangus terlalu lama dapat menyebabkan overheating atau panas yang berlebih dalam tubuhnya hingga bisa membuat anjing kejang, koma dan mati.

Wih.. seram ya!

dog overheating 3

Karena Anjing Harus  Menjulurkan Lidahnya

Berkeringat adalah salah satu cara tubuh kita untuk mengatur suhu. Pada manusia, kelenjar keringat kita ada di hampir seluruh permukaan tubuh. Ketika suhu tubuh naik ke tingkat yang tidak normal maka keringat akan keluar dan membuat lembab permukaan kulit, yang mana cairan ini secara perlahan akan menguap hingga membantu menurunkan suhu tubuh kita dengan efektif.

Pada anjing, mereka hanya menghasilkan keringat di daerah yang tidak ditutupi dengan bulu, seperti hidung dan bantalan kaki, walaupun anjing juga memiliki kelenjar keringat yang disebut dengan kelenjar apokrin yang terkait dengan setiap folikel bulu mereka.

Fungsi yang tepat dari kelenjar ini tidak diketahui, tetapi kelenjar ini dapat menghasilkan feromon yang menghasilkan bau yang khas untuk setiap anjing agar dapat dikenali oleh anjing lain.

dog sniffing

Foto : mnn.com

Jika tidak mengeluarkan keringat seperti pada manusia, jadi bagaimanakah cara anjing untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri agar tidak kepanasan?

Untuk mendinginkan suhu tubuhnya anjing akan membuka mulutnya. Cairan yang menguap melalui lidah, hidung dan paru-paru inilah yang membantu mereka untuk menurunkan suhu tubuhnya.

happy-dog

Foto : spice4life.co.za

Jadi mulut anjing yang terbuka dengan lidah yang menjulur itu bukan hanya berfungsi sebagai indikasi jika anjing dalam keadaan tenang, santai dan tanpa tekanan saja ya, tapi juga merupakan cara anjing untuk mengatur suhu tubuhnya.

Sudah terbayang kan sekarang bahaya menutup mulut anjing dengan berangus secara sembarangan?

Kapan Anjing Boleh Dipakaikan Berangus?

Muzzle atau berangus seyogyanya hanya boleh dipakaikan dalam kondisi emergency saja, seperti pada saat akan membersihkan luka pada anjing atau pada saat anjing akan melakukan pemeriksaan kesehatan agar tidak menggigit atau dapat digunakan saat sedang melatih anjing yang tentunya harus terus di bawah pengawasan ya.

dog in muzzle at vet

Berapa Lama Waktu Maksimal Seekor Anjing Untuk Memakai Berangus?

Menurut seorang dokter hewan, waktu maksimal untuk seekor anjing memakai berangus adalah 10-15 menit, jika dipasangkan lebih dari itu dapat membahayakan anjingnya. Tapi jangan dipakaikan jika suhu atau cuaca sedang dalam keadaan panas.

Hati-hati juga penggunaan berangus untuk anjing bermoncong pendek ya seperti English Bulldog, French Bulldog, dll,  karena anatomi hidung mereka yang pesek sudah membuat mereka sering kesulitan bernafas apalagi jika harus ditambah dengan pemasangan berangus.

French Bulldog in Muzzle

Foto : fordogtrainers.co.uk

* Disarikan dari berbagai sumber