Beberapa hari terakhir ini ranah social media diramaikan oleh sebuah foto yang menunjukkan beberapa ekor anjing sedang tertidur pulas di kursi sebuah restoran, atau tepatnya cafe. Dalam foto tersebut, anjing-anjing yang terjepret kamera nampak tertidur sangat pulas di atas kursi panjang yang nampak empuk dan hangat.

Ternyata foto itu berasal dari berita yang dimuat The Huffington Post yang kemudian disebarkan oleh mereka yang terharu dengan kelembutan hati si pemilik cafe. Ternyata anjing-anjing yang nampak di foto adalah anjing-anjing tak bertuan yang hidup di jalanan di Pulau Lesbos yang berada di Yunani. Menyadari dinginnya udara di luar, setiap malam si pemilik membuka pintu The Hott Spott Cafe untuk anjing-anjing jalanan yang kedinginan supaya bisa tidur lebih nyaman.

Dalam berita yang ditulis The Huffington Post tersebut dikatakan bahwa menurut salah seorang waiter yang bekerja di cafe tersebut, anjing-anjing jalanan tersebut baru diperkenankan masuk setelah cafe tutup dan para pelanggan beranjak pulang, sekitar jam 3 dini hari.

“Memang ada banyak anjing jalanan di kota ini”, ungkap si waiter yang disebut bernama Antonis itu. “Setiap malam, saat bar tutup, anjing-anjing itu datang dan tidur disini. Kami sama sekali tidak menganggap kebiasaan yang sudah dilakukan sejak bulan Juli lalu ini sebagai masalah”, lanjutnya. Untuk pengunjung-pun kebiasaan tersebut tidak dianggap sebagai masalah. Dia menceritakan bahwa alih-alih menjadi masalah, banyak pengunjung bar justru menganggapnya sebagai sesuatu yang menarik.

Pastinya sebetulnya ada lah sedikit tambahan pekerjaan untuk bersih-bersih, setidaknya bulu anjing yang menempel di sofa pastinya perlu dibersihkan sebelum pelanggan mulai berdatangan keesokan harinya. Kelembutan hati pemilih dan para pegawai cafe tersebutlah yang membuat hal itu tidak dipandang sebagai masalah yang memberatkan.

Salut untuk mereka. Lalu bagaimana dengan anda? Apakah anda keberatan jika ada beberapa anjing liar berteduh di garasi atau teras rumah anda saat hari hujan? Apakah anda termasuk orang-orang berhati mulia yang membuka pintu rumah anda untuk hewan-hewan tersebut?