Tidak semua menyukai anjing, apalagi kotoran anjing, karena itu jadilah pemilik anjing yang bertanggung jawab. Mungkin itulah kira-kira pesan yang ingin disampaikan oleh Pemerintah Skotlandia dengan menaikan denda sebesar 2 kali lipat bagi pemilik anjing yang membiarkan kotoran anjingnya di jalanan atau tempat-tempat umum lainnya. Rupanya disana sudah menjadi kewajiban bagi pemilik anjing yang anjingnya membuang kotoran untuk memungut kotoran tersebut dan membawanya pulang.

Seperti dilansir oleh media The Scotsman, pemerintah setempat menetapkan kenaikan denda dari £40 pound menjadi £80 atau sekitar Rp. 1.2 juta dengan kurs saat ini untuk menekan pelanggaran yang dianggap mengganggu kenyamanan umum ini. Denda ini memang khusus diberlakukan pada pemilik ajing yang tidak memungutnya saat anjing peliharaannya membuang kotoran di tempat umum.

Selain menaikan dendanya, pemerintah juga menyatakan akan memperbaiki sistem pengawasan untuk memastikan bahwa pelanggar tidak akan dapat mengelak dari hukuman tersebut.

Sementara mentri yang mengurusi bidang keamanan dan kenyamanan masyarakat pada pemerintahan setempat, Paul Wheelhouse, mengatakan bahwa kenaikan denda harus dilakukan untuk mengurangi jumlah pelanggaran sekaligus melindungi kesehatan masyarakat. Dalam pernyataannya Wheelhouse menyebut bahwa membiarkan anjing membuang kotoran sembarangan bukan hanya mengganggu kenyamanan tetapi juga berakibat buruk terhadap kesehatan terutama anak-anak. “Karena itu dengan tegas harus saya nyatakan bahwa tidak membersihkan kembali saat anjing yang dimiliki membuang kotoran di tempat umum adalah pelanggaran hukum”, tegasnya.