Membersihkan luka pada anjing dengan alkohol seringkali dilakukan oleh para dog owners. Walaupun alkohol dengan kemampuan desinfektannya mampu membunuh bakteri namun jangan membersihkan luka pada anjing dengan alkohol karena sangat berbahaya untuk kesehatannya.

jangan membersihkan luka pada anjing dengan alkohol

Dr. Ann Hohenhaus, seorang dokter di The Animal Medical Center in NYC menyatakan jika Isopropyl alkohol yang biasa digunakan untuk membersihkan luka bisa membuat kulit menjadi kering.

Jika alkoholnya terjilat bisa menyebabkan anjing menjadi mual, muntah, depresi hingga koma dan jika terhirup dapat membuat iritasi saluran pernafasan.

Berdasarkan uji laboratorium yang dipublikasikan melalui science.com penelitian memperingatkan tentang adanya toksisitas atau racun yang terkandung dalam Isopropyl alkohol dan dapat membahayakan binatang. Kandungan zat kimia dalam alkohol bisa merusak hati, ginjal, kulit dan system saraf pusat.

Sel-sel kulit yang sehat di sekitar luka juga bisa menjadi rusak hingga mengganggu proses penyembuhan luka.

Cara Mengatasi Keracunan Alkohol Pada Anjing

dog artificial respiration

Pemberian nafas buatan pada anjing. Foto : dogexpress.in

  • Jika anjing mengalami sesak nafas setelah menghirup alkohol, segera bawa ke luar ruangan untuk mendapatkan udara segar
  • Jika nafas berhenti, segera berikan nafas buatan atau oksigen
  • Biasanya dog owners yang khawatir anjing kesayangannya menunjukkan gejala keracunan akan segera berusaha membuat anjingnya muntah. Jangan lakukan hal ini untuk keracunan pada alkohol
  • Segera bawa anjing ke klinik atau dokter hewan terdekat

Wah seram juga ya dog owners efek samping dari alkohol… Jadi jangan membersihkan luka pada anjing lagi dengan alkohol ya.

Jika Alkohol Berbahaya, Lalu Cairan Apa Sebaiknya yang Aman Digunakan untuk Membersihkan Luka Pada Anjing?

1. Larutan Garam

Larutan garam
Ternyata garam yang biasanya selalu tersedia di dapur kita bisa menjadi alternatif paling aman, mudah dan murah untuk membersihkan luka pada anjing kesayangan kita.

Air garam membantu membersihkan dan mempercepat penyembuhan luka melalui proses yang disebut osmosis. Kandungan natrium klorida dalam garam memaksa cairan dalam sel untuk bergerak keluar dari tubuh jadi jika mereka cairan tersebut mengandung bakteri, mereka akan dipaksa keluar juga.

Selain bisa membersihkan luka, larutan garam juga bisa membantu menghentikan peradangan yang terjadi akibat luka.

Untuk membuat larutan garam pembersih luka, cukup campurkan ½ sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat.

Selalu gunakan larutan yang baru ya jika ingin mengulang membersihkan lukanya di waktu yang berbeda.

2. povidone-iodine atau Betadine

betadine
Mungkin para dog owners sudah tidak asing lagi dengan larutan antiseptic yang satu ini dan biasa dijual dengan merk Betadine. Betadine bisa didapatkan di apotek bahkan dijual bebas di toko-toko terdekat.

3. Chlorhexidine

chlorhexadine onemadehealtcare
Untuk pembersih luka ini, masih banyak yang belum mengetahuinya karena biasanya digunakan dikalangan medis saja walaupun bukan berarti tidak dijual bebas dipasaran. Hanya untuk mendapatkannya mungkin para dog owners harus mencarinya di toko supplier obat atau apotik besar saja.

KESIMPULAN

Efek Samping Alkohol pada anjing