Dengan membanjirnya acara kuliner dan kompetisi memasak di televisi, sepertinya kata “Chef” yang merujuk pada juru masak profesional menjadi semakin sering terdengar di telinga kita. Sementara di sisi lain, perubahan gaya hidup seiring meningkatnya kemapanan membuat “Cafe” semakin populer dan menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Chef dan cafe memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Di Amerika Serikat, gaya hidup ini bukan hanya tersedia untuk manusia, tetapi juga untuk anggota keluarga berkaki empat, anjing. Ya, di Amerika Serikat sekarang ada cafe khusus untuk anjing, lengkap dengan chef profesional-nya. Cafe baru bernama Dog Chef Cafe ini berada di kota Baltimore, negara bagian Maryland.

Saat wartawan Voice of America bernama Deborah Block datang berkunjung, disana sedang diadakan pesta ulang tahun untuk seekor anjing jenis poodle bernama Pierre. Seperti pesta ulang tahun lainnya, acara yang membuat Pierre menjadi pusat perhatian ini juga diselenggarakan lengkap hentakan musik dan meja yang ditata dengan aneka sajian di atas piring. “Dia bukan hanya seekor anjing, dia merupakan salah satu anggota keluarga saya”, kata Jazzmen Knoderer sang pemilik Pierre.

Konon, Jazzmen dan suaminya Daniel baru mengadopsi Pierre sekitar 5 bulan, saat mereka menemukannya berkeliaran di jalanan. Jadi sebenarnya mereka tidak tahu persis kapan tepatnya Pierre lahir. Umur Pierre-pun sebetulnya mereka tidak tahu. Tapi mereka ingin menyenangkan Pierre dengan menyelenggarakan sebuah pesta, maka digelarlah acara itu di cafe yang juga dikenal dengan makanan dan snack sehat untuk anjing. “Sama dengan pemilik anjing lainnya, saya sangat memperhatikan makanan dan snack yang saya berikan”, ungkap Jazzmen.

Rupanya Kevyn Matthews, chef sekaligus pemilik Dog Chef Cafe juga memiliki filosofi yang sama. Sebagai chef, Kevyn menggunakan keahlian memasak yang tadinya dipakainya untuk menjajikan masakan untuk manusia untuk membuat menu-menu makanan sehat untuk anjing. Alih-alih memakai makanan yang dibuat khusus untuk anjing, dia memilih bahan makan berkualitas human-grade untuk masakannya. “Penuh dengan bahan-bahan yang sesungguhnya buruk untuk kesehatan anjing”, alasan Chef Kevyn menghindari makanan pabrikan khusus untuk anjing.

Makanan Anjing yang Enak

Kalau anda mengira kreasi makanan Chef Kevyn di cafe-nya tidak cukup menarik untuk manusia, salah besar. Seorang pelanggan bernama Kyla Thomas yang mencoba mencicipi muffin dengan selai kacang nampak terkejut dengan rasanya, padahal kue tersebut sama sekali tidak diberi bahan pemanis, sementara untuk menggantikan coklat yang berbahaya untuk anjing, dipakai bahan lain. “Enak banget, nggak kayak makanan anjing”, kata Kyla.

“Saya memang sengaja membuatnya dalam tampilan yang menarik untuk manusia”, kata Chef Kevyn. “Tapi sebetulnya kandungannya adalah apa yang dibutuhkan anjing”, lanjutnya. Dia merujuk pada bahan-bahan segar seperti buah-buahan, sayuran, daging, dan ikan.

Seorang pelanggan yang datang untuk membelikan makanan anjing untuk dibawa pulang anjingnya, Blythe Pruitt, mengatakan bahwa dia suka membeli makanan untuk anjingnya di cafe itu karena makanannya alami dan sehat, segar dan tanpa bahan pengawet. “Kali ini saya membelikan anjing saya hamburger dan ubi”, katanya.

Makanan Anjing yang Sehat

Sambil memotong sayuran untuk membuat roti, Chef Kevyn memastikan bahwa dia tidak memakai bahan-bahan yang tidak bermanfaat atau bahkan berbahaya untuk kesehatan anjing. Gandum, kedelai, dan jagung yang biasanya dipakai sebagai bahan untuk membuat makanan anjing merupakan bahan terlarang di cafe-nya karena dapat menyebabkan alergi untuk anjing. Karena itu dia yakin bahwa makanan di cafe-nya juga dapat membantu anjing-anjing yang sedang mengalami masalah kesehatan.

Untuk anjing yang memiliki masalah kulit kering Chef Kevyn menyarankan muffin kelapa karena mengandung beberapa minyak esensial, sementara untuk anjing yang mengalami masalah pencernaan dan sembelit dia punya muffin labu.

Sayangnya makanan yang disajikan di Dog Chef Cafe tidaklah murah. Para pelanggannya menghabiskan antara $100 sampai $1000 setiap bulannya hanya untuk berbelanja di cafe itu. Sebagian menjadi pelanggan karena makanannya enak, sebagian karena makanannya sehat, tapi kebanyakan perlanggan bersedia merogoh saku dalam-dalam karena makanannya enak dan sehat.

Bagi Chef Kevyn, hal paling penting adalah memberikan makanan terbaik untuk anjing. “Anjing menghabiskan seluruh hidupnya untuk membuat kita bahagia, jadi saya akan sangat bahagia melihat mereka bahagia”, ucapnya.

Tertarik untuk melihat pesta ulang tahun Pierre di Dog Chef Cafe?